DETAIL DOCUMENT
PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTU MACROMEDIA FLASH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK FLUIDA STATIS DI KELAS X-MIA SEMESTER II MAN BINJAI T.P. 2017/2018
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Medan
Author
YOLANDA BIDARI DWI SELANI (STUDENT ID : 4143121067)
Togi Tampubolon (LECTURER ID : 0001056111)
Subject
LB Theory and practice of education 
Datestamp
2020-03-06 06:55:33 
Abstract :
Telah dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh model problem based learning berbantu macromedia flash terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok fluida statis di kelas X-MIA MAN Binjai T.P 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperiment dengan desain penelitian two group design. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X-MIA Semester II yang terdiri dari 6 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling. Pada kelas X-MIA 2 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 40 orang dan kelas X-MIA 1 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 40 orang. Instrumen yang digunakan ada 2 yaitu tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dengan jumlah 20 soal dan lembar observasi aktivitas. Hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas kontrol sebesar 52,62 dengan standar deviasi 6,70, dan nilai rata-rata pretes kelas eksperimen sebesar 59,25 dengan standar deviasi 6,66. Uji normalitas data pretes Lhitung < Ltabel (0,1267 < 0,1401) artinya data berdistribusi normal. Untuk uji homogenitas Fhitung < Ftabel (0,987 < 1,715). Setelah itu dilakukan uji t dua pihak dengan data thitung < ttabel (1,3509 < 1,994) yang artinya kedua kelas memiliki kemampuan awal sama. Kemudian setelah diberikan perlakuan yang berbeda yaitu model problem based learning pada kelas eksperimen dan model konvensional pada kelas kontrol maka diperoleh nilai rata-rata postes kelas eksperimen 81,87 dan nilai rata-rata kelas kontrol 73,12. Kemudian dilakukan uji t satu pihak untuk mengetahui apakah ada perbedaan antara nilai kelas eksperimen dan kontrol. Dari hasil uji t diperoleh thitung = 2,201 sedangkan ttabel = 1,667 karena thitung > ttabel maka ada perbedaan yang signifikan, sehingga dapat disimpulkan ada pengaruh penggunaan model problem based learning berbantu macromedia flash terhadap hasil berlajar siswa pada materi pokok fluida statis di kelas X-MIA MAN Binjai T.P 2017/2018. 
Institution Info

Universitas Negeri Medan