DETAIL DOCUMENT
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING BERBANTUAN MEDIA PHET TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI FLUIDA DINAMIS DI KELAS XI SEMESTER I SMA SWASTA DHARMAWANGSA MEDAN T.P 2018/2019
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Medan
Author
SELVIA ANGGRIANI (STUDENT ID : 4143321038)
Ida Wahyuni (LECTURER ID : 0018016402)
Subject
LB Theory and practice of education 
Datestamp
2020-03-04 07:31:15 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran quantum teaching berbantuan media PhET terhadap hasil belajar pada materi fluida dinamis di kelas XI semester I SMA swasta Dharmawangsa Medan T.A 2018/2019.Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan populasi seluruh siswa dengan desain two group pretest-postest. Sampel penelitian dilakukan dengan teknik cluster random sampling dan terpilih 2 kelas sebagai sampel, yaitu kelas XI MIPA 8 dengan menggunakan model pembelajaran quantum teaching berbantuan media PhET dan kelas XI MIPA 9 dengan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan ada 2 yaitu tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 20 soal dan lembar aktivitas belajar siswa. Hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretest kelas kontrol sebesar 28,83 dengan standar deviasi 81,63 dan nilai rata-rata pretest kelas eksperimen sebesar 76,5 dengan standar deviasi 96,005. Uji normalitas data Lhitung < Ltabel (0,128 < 0,161) artinya data berdistribusi normal. Untuk uji homogenitas Fhitung < Ftabel (099 < 1,873). Setelah itu dilakukan uji t dua pihak dengan data thitung ttabel maka ada perbedaan yang signifikan, sehingga dapat disimpulkan ada pengaruh pembelajaran model pembelajaran quantum teaching berbantuan media PhET terhadap hasil belajar siswa pada materi fluida dinamis di kelas XI semester I di SMA swasta Dharmawangsa Medan T.P 2018/2019 
Institution Info

Universitas Negeri Medan