Institusion
Universitas Negeri Medan
Author
YUYUN SUNDARI (STUDENT ID : 4141111057)
Pardomuan NJM Sinambela (LECTURER ID : 0011067803)
Subject
LB Theory and practice of education
Datestamp
2020-03-12 04:11:51
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan penalaran matematis siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe
FSLC lebih baik dari kemampuan penalaran matematis siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe GI. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK Negeri 5 Medan dan sampel dalam
penelitian ini adalah siswa kelas X DPIB 1 dan kelas X TITL 1 dengan banyak masing-masing siswa pada kelas yang diteliti 33 orang. Kelas X DPIB 1 diberi model pembelajaran FSLC dan kelas X TITL 1 diberi model pembelajaran GI. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu. Instrumen dalam penelitian ini berupa pretest dan posttest yang telah divalidkan dalam bentuk soal uraian.
Terhadap data pretest dan posttest dilakukan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil pretest dan posttest di kelas X DPIB 1 secara berurutan adalah 64,80 dan 86,11. Hasil pretest dan posttest di kelas X TITL 1 secara berurutan adalah 64,52 dan 83,61. Hasil pretest diuji dengan uji t dua pihak dan didapat
hasilnya bahwa kemampuan awal kedua kelas tersebut sama. Pada uji hipotesis yang menggunakan uji t satu pihak dengan menggunakan hasil data posttest di kedua kelas diperoleh