DETAIL DOCUMENT
PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI USAHA DAN ENERGI DI KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 9 MEDAN TAHUN AJARAN 2017/2018
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Medan
Author
NURHIJRIYAH KAM SIREGAR (STUDENT ID : 4143121038)
Rugaya (LECTURER ID : 0021046906)
Subject
LB Theory and practice of education 
Datestamp
2020-02-25 04:18:55 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar siswa pada materi usaha dan energi di kelas X semester genap SMA Negeri 9 Medan T.P 2017/2018 dan mengetahui aktivitas belajar siswa yang dibelajarkan dengan model problem based learning terhadap hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan populasi seluruh siswa kelas X SMA Negeri 9 Medan yang berjumlah 7 kelas. Sampel penelitian ini terdiri dari 2 kelas yang ditentukan dengan teknik cluster random sampling, yaitu kelas X MIPA-3 sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning dan kelas X MIPA-4 sebagai kelas kontrol dengan menggunakan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini ada dua, yaitu instrumen pertama tes hasil belajar dalam bentuk soal essay test yang telah divalidasi sebelumnya oleh 2 orang validator dan instrumen kedua observasi aktivitas belajar siswa dan penilain keterampilan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yang menggunakan model problem based learning berbeda dan menunjukkan hasil yang lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran konvensional, dan aktivitas belajar serta keterampilan siswa menggunakan model problem based learning meningkat setiap pertemuannya sehinga model pembelajaran problem based learning dapat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. 
Institution Info

Universitas Negeri Medan