Institusion
Universitas Negeri Medan
Author
SRI MAULIDA (STUDENT ID : 4141131048)
Destria Roza (LECTURER ID : 0017127104)
Subject
LB Theory and practice of education
Datestamp
2020-03-03 04:38:44
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar kimia siswa yang diberikan pembelajaran Pedagogical Content Knowledge (PCK) dengan model kooperatif tipe make a match lebih tinggi dibandingkan hasil belajar siswa yang diajar dengan model kooperatif tipe make a match pada materi tata nama senyawa. Sampel penelitian adalah dua kelas X MIA SMA Negeri 3 Binjai yang dipilih dengan teknik penentuan sampel (purposif sampling) yaitu kelas eksperimen I yang diberikan pembelajaran Pedagogical Content Knowledge (PCK) dengan model kooperatif tipe make a match dan kelas eksperimen II diberikan pembelajaran dengan model kooperatif tipe make a match. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes objektif dalam bentuk pilihan berganda berjumlah 20 soal yang sudah diuji validasi butir item, tingkat kesukaran, daya beda, distraktor, dan reliabilitas. Dari hasil penelitian, untuk kelas eksperimen I diperoleh nilai rata-rata pretest sebesar 35,28 dan posttest adalah 82,64. Sedangkan nilai rata-rata pretest untuk kelas eksperimen II sebesar 31,53 dan posttest adalah 76,94. Peningkatan hasil belajar siswa yang diberikan pembelajaran dengan Pedagogical Content Knowledge (PCK) yaitu sebesar 74%, sedangkan peningkatan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model kooperatif tipe make a match yaitu sebesar 67%. Model pembelajaran yang digunakan pada kedua kelas eksperimen sama yaitu model kooperatif tipe make a match. Data yang diperoleh dengan analisis uji t satu pihak (pihak kanan). Hasil uji hipotesis menunjukkan thitung > ttabel (4,118 > 1,66691), berarti Ho ditolak dan Ha diterima yaitu hasil belajar yang diberikan pembelajaran Pedagogical Content Knowledge (PCK) dengan model kooperatif tipe make a match lebih tinggi dibandingkan hasil belajar siswa yang diajar dengan model kooperatif tipe make a match.