Institusion
Universitas Negeri Medan
Author
PUTRI NURAINA HASIBUAN (STUDENT ID : 4141131038)
DESTRIA ROZA (LECTURER ID : 0017127104)
Subject
LB Theory and practice of education
Datestamp
2020-04-20 02:50:05
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah peningkatan hasil
belajar kimia siswa yang diberikan implementasi Pedagogical Content Knowledge
(PCK) dengan media pembelajaran laboratorium virtual pada pokok bahasan
larutan penyangga lebih tinggi dibandingkan pembelajaran dengan media
laboratorium virtual. Penelitian ini merupakan penelitian eksprimen semu.
Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA/MA. Pengambilan
sampel dilakukan dengan teknik penentuan sampel (purposif sampling) yaitu
diambil dua kelas, kelas eksperimen I dibelajarkan dengan menerapkan
pedagogical content knowledge (PCK) dengan media laboratorium virtual dan
kelas eksperimen II dibelajarkan dengan menerapkan media laboratorium virtual.
Instrumen penelitian adalah tes objektif dalam bentuk pilihan berganda berjumlah
20 soal yang sudah diuji validitas butir item, tingkat kesukaran, daya beda,
distruktor dan reliabilitas. Data pretest dan posttest serta peningkatan hasil belajar
kimia siswa diuji normalitas dan homogenitasnya, dan hasil yang diperoleh kedua
kelompok sampel homogen dan terdistribusi normal. Dari hasil penelitian, untuk
kelas eksperimen I diperoleh nilai rata-rata pretest sebesar 35,83 dan posttest
sebesar 82,5. Sedangkan nilai rata-rata pretest untuk kelas eksperimen II sebesar
36,33 dan posttest sebesar 77,5. Adapun hasil perolehan rata-rata nilai
peningkatan hasil belajar kimia siswa (gain) yang dibelajarkan dengan
menerapkan Pedagogical Content Knowledge (PCK) dengan media laboratorium
virtual adalah sebesar 0,72 (72%) sedangkan peningkatan hasil belajar kimia
siswa yang dibelajarkan hanya dengan menerapkan media laboratorium virtual
adalah sebesar 0,64 (64%). Untuk menarik kesimpulan maka dilakukan uji
hipotesis menggunakan uji t-satu pihak yaitu uji t pihak kanan pada taraf
signifikansi 5% (? = 0,05), diperoleh bahwa thitung > ttabel (2,62381 > 1,6723)
sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian peningkatan hasil belajar
kimia siswa yang diberikan implementasi pedagogical content knowledge (PCK)
dengan media pembelajaran laboratorium virtual pada pokok bahasan larutan
penyangga lebih tinggi dibandingkan pembelajaran dengan media laboratorium
virtual.