DETAIL DOCUMENT
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION TERHADAP PENGETAHUAN KONSEPTUAL SISWA PADA MATERI USAHA DAN ENERGI DI KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 4 BINJAI T.P 2017/2018
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Medan
Author
Helen Valentin Sinaga (STUDENT ID : 4143121022)
Togi Tampubolon (LECTURER ID : 0001056111)
Subject
LB Theory and practice of education 
Datestamp
2020-04-15 06:49:30 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe group investigation terhadap pengetahuan konseptual siswa, serta untuk mengetahui aktivitas siswa selama penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation pada materi usaha dan energi. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan menggunakan desain penelitian pretest-postest control group design. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 4 Binjai dengan teknik pengambilan sampel secara cluster random sampling, didapatkan siswa kelas X-2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-4 sebagai kelas kontrol yang masing-masing berjumlah 33 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes esay pengetahuan konseptual dengan jumlah soal 7 item pengetahuan konseptual dan lembar observasi aktivitas. Analisis data menggunakan uji t pada taraf signifikan 5% dengan uji prasyarat normalitas dan homogenitas. Dari hasil penelitian diperoleh rata-rata pretes kelas eksperimen adalah 38,57 dan kelas kontrol adalah 34,85 sedangkan rata-rata postes kelas eksperimen adalah 75,57 dan kelas kontrol adalah 65,71. Hasil uji hipotesis dengan uji t menunjukkan hasil pengetahuan konseptual fisika dengan menggunakan model tipe group investigation lebih baik dari pada pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe group investigation terhadap pengetahuan konseptual siswa pada materi usaha dan energi di kelas X Semester II SMA Negeri 4 Binjai T.P 2017/2018. 
Institution Info

Universitas Negeri Medan