DETAIL DOCUMENT
PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK FLUIDA STATIS DI KELAS XI SEMESTER II SMA SWASTA RAKSANA MEDAN T.P 2017/2018
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Medan
Author
Erwin Adi Putra Manik (STUDENT ID : 4143121015)
Togi Tampubolon (LECTURER ID : 0001056111)
Subject
LB Theory and practice of education 
Datestamp
2020-04-21 04:02:03 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model problem based learning (PBL) berbantuan media powerpoint terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Fluida Statis kelas XI IPA Semester II di SMA Swasta Raksana Medan T.P 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian two group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas XI Semester II yang terdiri dari 3 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling yaitu kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen yang diberi perlakuan dengan model PBL dan XI IPA 2 sebagai kelas kontrol yang diberi perlakuan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan yaitu tes hasil belajar dalam bentuk essai dengan jumlah 8 soal. Sebelum instrumen digunakan, instrumen terlebih dahulu di validasi oleh validator. Dan untuk menguji hipotesis digunakan uji t satu pihak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata pretes kelas eksperimen sebesar 11,18 dengan standar deviasi 2,62 dan nilai rata-rata kelas kontrol sebesar 11,29 dengan standar deviasi 2,69. Hasil analisis uji normalitas dan homogenitas menunjukkan bahwa data pretes berdistribusi normal dan homogen. Hasil uji kemampuan awal thitung=0,1642 Ftabel menunjukkan ada pengaruh model problem based learning (PBL) berbantuan media powerpoint terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Fluida Statis di kelas XI semester II SMA Swasta Raksana Medan T.P. 2017/2018. 
Institution Info

Universitas Negeri Medan