Institusion
Universitas Negeri Medan
Author
Halomoan (STUDENT ID : 5132122004)
Andi Bahar (LECTURER ID : 0010116711)
Subject
S589.75 Agriculture and the environment
Datestamp
2019-12-11 06:54:05
Abstract :
Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui besarnya hubungan antara suasana lingkugan belajar dengan hasil belajar pekerjaan dasar teknik otomotif. (2) untuk mengetahui besarnya hubungan antara disiplin belajar dengan hasil belajar pekerjaan dasar teknik otomotif. (3) untuk mengetahui besarnya hubungan antara suasana lingkungan belajar dan disiplin belajar secara bersama-sama dengan hasil belajar pekerjaan dasar teknik otomotif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X teknik otomotif SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan yang berjumlah 72 orang. Untuk menjadi sampel penilitian karena populasi kurang dari 100 orang, maka sampel penelitian adalah seluruh subjek atau populasi yaitu 72 orang sehingga penelitian merupakan penelitian populasi. Sebelum penelitian ini dilakukan terlebih dahulu instrumen diujicobakan kepada responden yang bukan sampel penelitian. Yakni siswa kelas X program keahlian Teknik Otomotif SMK Negeri 5 Medan sebanyak 30 orang. Metode penelitian dilakukan dengan jenis penelitian korelasional. Temuan penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat hubungan antara suasana lingkungan belajar dengan hasil belajar keterampilan membubut dengan koefisien korelasi 0,684 dengan level siginifkansi alpha sebesar 0,05. (2) terdapat hubungan antara disiplin belajar dengan hasil belajar pekerjaan dasar teknik otomotif dengan koefisien korelasi 0,750 dengan level siginifkansi alpha sebesar 0,05. (3) terdapat hubungan antara suasana lingkungan belajar dan disiplin belajar secara bersama-sama dengan hasil belajar pekerjaan dasar teknik otomotif dengan persamaan regresi yang diperoleh ? = 86,64 + 0,61 X1 + 0,64 X2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa suasana lingkungan belajar dan disiplin belajar mempunyai hubungan yang signifikan dengan hasil belajar . Dengan demikian sekolah perlu meningkatkan suasana lingkungan belajar dan disiplin belajar siswa untuk meningkatkan hasil belajar PDTO siswa.