DETAIL DOCUMENT
PENGARUH PROFESIONALISME DOSEN, KEAKTIFAN BERORGANISASI, DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP PEROLEHAN INDEKS PRESTASI MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN BISNIS UNIVERSITAS NEGERI MEDAN ANGKATAN 2016
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Medan
Author
MARTASARI PASARIBU (STUDENT ID : 7151143026)
Randeska Manullang (LECTURER ID : 0014117903)
Subject
HB3711 Business cycles. Economic fluctuations 
Datestamp
2020-02-21 02:47:30 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Pengaruh Profesionalisme Dosen Terhadap Perolehan Indeks Prestasi, 2) Pengaruh Keaktifan Berorganisasi Terhadap Perolehan Indeks Prestasi, 3) Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Perolehan Indeks Prestasi, 4) Pengaruh Profesionalisme Dosen, Keaktifan Berorganisasi dan Kemandirian Belajar terhadap Perolehan Indeks Prestasi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bisnis Angkatan 2016 di Universitas Negeri Medan. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 96 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Total Sampling. Penelitian ini adalah penelitian Expost Facto, dimana untuk mendapatkan data penelitian digunakan angket, obsevasi dan dokumentasi. Berdasarkan uji hipotesis secara parsial (uji-t) diperoleh hasil bahwa variabel profesionalisme dosen berpengaruh positif dan signifikan terhadap indeks prestasi yang ditunjukkan nilai thitung > ttabel (2,869 > 1,661), variabel keaktifan berorganisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap indeks prestasi yang ditunjukkan nila thitung > ttabel (4,542 > 1,661) dan variabel kemandirian belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi yang ditunjukkan nilai thitung > ttabel (3,175 > 1,661). Sedangkan dengan uji hipotesis secara simultan (uji-f) diperoleh hasil bahwa profesionalisme dosen, keaktifan berorganisasi dan kemandirian belajar secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi yang ditunjukkan nilai Fhitung > Ftabel (3050,886 > 2,70). Berdasarkan uji koefisien determinasi, diperoleh nilai R2 sebesar 0,801 yang artinya profesionalisme dosen, keaktifan berorganisasi dan kemandirian belajar sebesar 80,1% dapat menjelaskan indeks prestasi dan 19,9% sisanya dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada pengaruh positif dan signifikan Profesionalisme Dosen, Keaktifan Berorganisasi dan Kemandirian Belajar terhadap Perolehan Indeks Prestasi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bisnis Angkatan 2016 di Universitas Negeri Medan. 
Institution Info

Universitas Negeri Medan