DETAIL DOCUMENT
PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN HASIL BELAJAR SISWA BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK ASPEK KOGNITIF PADA PEMBELAJARAN FISIKA MATERI FLUIDA DINAMIS DI SMA NEGERI 1 STABAT T.P 2018/2019
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Medan
Author
Silfha Yanni Pane (STUDENT ID : 4151121064)
Sabani (LECTURER ID : 0010048008)
Subject
LB Theory and practice of education 
Datestamp
2020-04-30 05:06:51 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas instrumen dan mengetahui tingkat efektifitas pengembangan instrumen penilaian untuk hasil belajar aspek kognitif berdasarkan pendekatan ilmiah terhadap bahan fluida dinamis berdasarkan penilaian pakar, guru dan siswa kelas XI SMA. Negeri 1 Stabat. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (R&D) menggunakan model 4-D. Subjek dalam penelitian ini adalah 2 dosen ahli, 1 guru fisika, 9 siswa uji kelompok kecil dan 33 siswa uji kelompok besar. Objek penelitian ini adalah validitas dan efektifitas instrumen. Hasil penilaian para ahli menunjukkan indeks Aiken V 0,95 (validitas baik). Hasil validitas uji kelompok kecil, 15 pertanyaan valid, dan pertanyaan efektif. Sedangkan hasil uji validitas kelompok besar, 12 pertanyaan valid, dan pertanyaan efektif. Kemudian pengembangan instrumen penilaian hasil belajar siswa berdasarkan pada pendekatan ilmiah untuk materi cairan dinamis kelas XI mendapatkan kriteria yang layak dan penilaian yang sangat baik berdasarkan kriteria para ahli, guru dan siswa. 
Institution Info

Universitas Negeri Medan