DETAIL DOCUMENT
PENERAPAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS VIII-1 SMPN 3 SUMBUL
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Medan
Author
IIN ELVIN LUMBAN GAOL (STUDENT ID : 4151111032)
Pardomuan Nauli Josip Mario Sinambela (LECTURER ID : 0011067803)
Subject
LB Theory and practice of education 
Datestamp
2020-02-28 07:43:00 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajran contextual teaching and learning (CTL) dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa dikelas VIII-1 SMPN 3 Sumbul. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-1 SMPN 3 Sumbul T.A 2019/2020 yang berjumlah 30 siswa. Objek penelitian ini adalah kemampuan pemahaman konsepmatematis siswa dengan menerapkan model pembelajaran CTL pada materi relasi dan fungsi. Instrumen yang dipakai tes dan observasi. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dan diakhir setiap siklus diberikan tes kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Berdasarkan analisis data kemampuan pemahaman konsep matematis siswa diperoleh rata-rata kemampuan pemahaman konsep matematis siswa meningkat dari 67,08 di siklus I menjadi 78,75 di siklus II, dengan persentase secara klasikal 63% di siklus menjadi 86,65% di siklus II. Berdasarkan kriteria ketuntasan klasikal maka persentase ketuntasan ini sudah memenuhi. Berdasarkan uraian-uraian di atas disimpulkan pemahaman konsep matematis siswa dapat meningkat dengan menerapkan model pembelajaran CTL pada materi relasi dan fungsi di kelas VIII-1 SMPN 3 Sumbul 
Institution Info

Universitas Negeri Medan