Abstract :
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya kecerdasan verbal linguistik anak dalam berkomuunikasi dengan orang lain, mengingat nama tokoh, menyimak, berbicara, dan menceritakan kembali. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media audio visual terhadap kecerdasan verbal linguistik anak usia 5-6 tahun di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 05 Medan
T.A.2018/2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen dengan menggunakan desain post-test only control design.
Populasinya adalah seluruh anak kelas B usia 5-6 tahun di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 05 Medan. Sampel penelitian menggunakan 2 kelas yaitu B-4 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 15 anak, dan kelas B-6 sebagai kelas kontrol dengan jumlah 15 anak. Pengambilan sampel dipilih secara acak (simple random sampling) berupa undian dengan membuat enam lembar potongan kertas yang dimasukkan ke dalam gelas lalu dikocok. Pengambilan pertama terambil satu kelas secara acak yaitu kelas eksperimen dan pengambilan kedua terambil satu kelas secara acak yaitu kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan
observasi. Data dianalisis dengan teknik statistik deskriptif dengan Uji Mann Whithney (U-Test), yang dilanjut dengan uji signifikasi pada 0,025.
Hasil penelitian menunjukkan dengan perlakuan yang berbeda diperoleh skor kecerdasan verbal linguistik anak kelas eksperimen sebesar 4,8 sedangkan skor yang diperoleh di kelas kontrol sebesar 2,7. Hal ini terlihat bahwa nilai ?/2 = 0,05/2 = 0, 025, n1 = 15, n2 = 15 sehingga diperoleh hasil Zhitung = - 4,64 dan Ztabel = 1,96 dengan nilaiZhitung >Ztabel maka ada perbedaan yang signifikan antara kecerdasan verbal linguistik anak usia 5-6 tahun dikelas eksperimen dengan menggunkan mediaa audio visual dan kelas kontrol menggunakan media audio.