DETAIL DOCUMENT
PENGEMBANGAN PENUNTUN PRAKTIKUM DASAR ILMU KIMIA TERINTEGRASI PENDEKATAN INKUIRI DILENGKAPI ASESMEN KINERJA
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Medan
Author
PREDI SETIADI PERANGIN ANGIN (STUDENT ID : 8176142012)
Wesly Hutabarat (LECTURER ID : 9990000089)
Saronom Silaban (LECTURER ID : 0013118001)
Subject
LB2371 Graduate education 
Datestamp
2020-02-11 02:47:18 
Abstract :
Penelitian ini merupakan jenis research and development (R&D) menggunakan tahapan ADDIE (Analysis Design Development Implementation Evaluation). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kelayakan penuntun praktikum dasar ilmu kimia yang sudah ada berdasarkan SNPT, untuk menghasilkan pentuntun praktikum dasar ilmu kimia yang telah dikembangkan sesuai SNPT, untuk mengetahui perbedaan hasil belajar dan kinerja mahasiswa menggunakan penuntun praktikum yang sudah dikembangkan dengan penuntun praktikum yang sudah ada, serta untuk mengetahui hubungan yang signifikan antara kinerja mahasiswa di laboratorium dengan hasil belajar mahasiswa menggunakan penuntun praktikum yang telah dikembangkan. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 64 orang yang terdiri dari dua kelas masing-masing kelas mempunyai sampel 32 orang (Eksperimen I dan Eksperimen II). Hasil penelitian menunjukkan tingkat kelayakan penuntun praktikum dasar ilmu kimia yang sudah ada di Universitas Negeri Medan berdasarkan SNPT cukup layak tetapi perlu beberapa revisi, selanjutnya tingkat kelayakan penuntun praktikum dasar ilmu kimia terintegrasi pedekatan inkuiri berdasarkan SNPT sangat layak dengan rata-rata keseluruhan 3,59, selanjutnya terdapat perbedaan hasil belajar mahasiswa menggunakan penuntun praktikum dasar ilmu kimia terintegrasi pendekatan inkuiri dengan penuntun praktikum yang sudah ada dengan rata-rata nilai 77,7 dan 69,6, dan terdapat perbedaan kinerja mahasiswa menggunakan penuntun praktikum dasar ilmu kimia terintegrasi pendekatan inkuiri dengan penuntun praktikum yang sudah ada dengan rata-rata nilai 80,27 (Kinerja baik) dan 74,41 (Kinerja cukup baik), serta terdapat hubungan yang sigifikan antara kinerja mahasiswa di laboratorium dengan hasil belajar menggunakan penuntun praktikum dasar ilmu kimia dengan nilai korelasi sebesar 0,97 (Korelasi sangat kuat). Penuntun praktikum yang sudah dikembangkan dapat meningkatkan hasil belajar dan kinerja mahasiswa. 
Institution Info

Universitas Negeri Medan