Institusion
Universitas Negeri Medan
Author
HESRON GINTING (STUDENT ID : 8156192039)
M.Oky Fardian Gafari (LECTURER ID : 0015017903)
Malan Lubis (LECTURER ID : 0018076705)
Subject
LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Datestamp
2020-02-13 02:07:32
Abstract :
Pengembangan bahan ajar menulis teks eksposisi berbasis genre untuk siswa kelas X SMK merupakan penelitian R&D. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pengembangan, kelayakan, dan efektivitas bahan ajar tersebut. Pengembangan bahan ajar ini menggunakan teori Brog dan Gall yang disederhanakan menjadi 5 tahapan yaitu: (1) pengumpulan informasi, (2) pengembangan produk, (3) uji validasi, (4) revisi, dan (5) uji coba. Berdasarkan hasil kelayakan bahan ajar yang telah dilakukan oleh validator ahli materi dan ahli desain serta uji coba lapangan diperoleh nilai rata-rata untuk materi 89,11% (sangat baik) dan desain 90,80% (sangat baik) dengan total rata-rata keseluruhan validasi 89,95% (sangat baik). Selanjutnya, uji coba lapangan diperoleh hasil yaitu (1) uji coba perorangan 88,23%, (2) uji coba kelompok kecil 89,32%, dan (3) uji coba kelompok terbatas 90.79%. Efektivitas penggunaan bahan ajar menulis teks eksposisi dengan pendekatan genre untuk siswa kelas X SMK terdapat pada kegiatan pretest-posttest dan uji gain. Perolehan rata-rata hasil pretest-posttest menulis teks eksposisi adalah 68,70 dan 83,55. Selanjutnya, perolehan hasil uji gain yaitu 3,33% kategori tinggi, 93,34% kategori sedang, dan 3,33% kategori rendah. Berdasarkan hasil perolehan data penelitian dapat disimpulkan pengembangan bahan ajar menulis teks eksposisi dengan pendekatan genre untuk siswa kelas X SMK Brigjend Katamso Medan layak untuk digunakan.