Institusion
Universitas Negeri Medan
Author
Mega Furi Handayani (STUDENT ID : 4152121027)
Ida Wahyuni (LECTURER ID : 0018016402)
Subject
LB Theory and practice of education
Datestamp
2020-03-05 08:25:53
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efek Pembelajaran problem based learning berbantuan edmodo terhadap kemandirian belajar fisika siswa di SMA Negeri 1 Binjai. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya kemandirian belajar fisika bagi siswa SMA. Penelitian ini merupakan jenis penelitian quasi experimen dengan desain penelitian Control Group Pretest-Postest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA di SMA Negeri 1 Binjai terdiri dari 5 kelas yang berjumlah 180 siswa. Sampel penelitian diambil 2 kelas yaitu kelas XI IPA 4 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 36 siswa dan kelas XI IPA 5 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 36 siswa yang ditentukan dengan teknik cluster random sampling. Teknik pengambilan data pada penelitian ini menggunakan observasi dan angket. Dari analisa data untuk kelas eksperimen yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning diperoleh rata-rata pretes 59,16 dengan standar deviasi 5,25 dan nilai rata-rata postes 78,69 dengan standar deviasi 6,76. Pada uji t pretes diperoleh nilai pretes thitung < ttabel yaitu 0,798 < 2,032 maka H0 diterima maka kemampuan awal siswa pada kelas eksperimen sama dengan kemampuan awal siswa pada kelas kontrol. Kelas kontrol yang diajar dengan menggunakan pembelajaran konvensional diperoleh rata-rata Pretes 58,13 dan standard deviasi 5,67 sedangkan rata-rata Postes 71,69 dengan standard deviasi 6,76. Kedua kelas berdistribusi normal dan memiliki variasi yang homogen. Hasil uji thitung adalah 5,131 sedangkan ttabel adalah 2,032 5,131>2,032. Sehingga diperoleh kesimpulan bahwa ada efek model pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Edmodo terhadap Kemandirian belajar siswa pada materi Fluida Statis di kelas XI semester I SMA Negeri 1 Binjai T.P 2019/2020.