Institusion
Universitas Negeri Medan
Author
LILI AGUS SYAHPUTRI (STUDENT ID : 5153311022)
Darwin (LECTURER ID : 0031126471)
Subject
LB Theory and practice of education
Datestamp
2020-03-11 04:10:52
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar mata pelajaran DDKBTPT pada siswa kelas X Program Keahlian Bisnis Konstruksi Dan Properti Di SMK Negeri 2 Medan. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dua siklus yang mana masing-masing siklus terdiri atas 1) Perencanaan, 2) Pelaksanaan, 3) Pengamatan, dan 4) Refleksi. Yang menjadi subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas X Program Keahlian Bisnis Konstruksi Dan Properti Di SMK Negeri 2 Medan sebanyak 34 orang. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kognitif hasil belajar dalam bentuk objektif tes dengan pilihan berganda sebanyak 60 soal dengan empat option pillihan, dimana 30 soal untuk siklus pertama dan 30 soal untuk siklus kedua. Sebelum tes hasil belajar diberikan terlebih dahulu tes hasil belajar diuji coba, validitas tes, reliabilitas tes, tingkat kesukaran tes, dan daya pembeda tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa telah mengalami peningkatan hasil kelulusan siswa pada siklus I 73,53% dengan nilai rata-rata 77,41 sedangkan pada siklus II diperoleh hasil belajar pada kategori kompeten sebanyak 100% dengan nilai rata-rata 88,10. Dengan demikian hasil belajar kognitif pada siklus I dan II mengalami peningkatan sebesar 13,807%. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Dasar-Dasar Konstruksi Bangunan Dan Teknik Pengukuran Tanah Pada Siswa Kelas X Program Keahlian Bisnis Konstruksi Dan Properti Di SMK Negeri 2 Medan.