DETAIL DOCUMENT
Hubungan Antara Persepsi Siswa Tentang Keterampilan Menjelaskan Guru Dan Minat Belajar Dengan Hasil Belajar Menggambar Teknik Pada Siswa Kelas X Keahlian Desain Pemodelan Dan Informasi Bangunan SMK Negeri Se-Kota Madya Medan Tahun Ajaran 2018/2019.
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Medan
Author
Mey Theresia Naibaho (STUDENT ID : 5143311009)
Darwin (LECTURER ID : 0031126471)
Subject
LB Theory and practice of education 
Datestamp
2020-03-11 04:36:26 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan antara Persepsi Siswa Tentang Keterampilan Menjelaskan Guru Dan Minat Belajar Dengan Hasil Belajar Menggambar Teknik Pada Siswa Kelas X DPIB SMK Negeri Se-Kota Madya Medan T.A 2018/2019. Skripsi Fakultas Teknik UNIMED, Medan 2019 dengan jumlah responden 98 orang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuanlitatif, berdasarkan uji coba instrument didapat hasil ; (1)variabel Persepsi Siswa Tentang Keterampilan menjelaskan Guru (X1) 24 Valid, reabilitas sangat tinggi sebesar 0,93. (2)variabel Minat Belajar (X2) 23 Valid, reabilitas tinggi sebesar 0,767. (3)variabel Hasil Belajar Menggambar Teknik (Y) 31 Valid, reliabilitas sangat tinggi sebesar 0,905. Hasil Uji normalitas dengan Liliefors masing-masing variabel penelitian yaitu: (1)variabel Persepsi Siswa tentang Keterampilan Menjelaskan Guru (X1) yaitu Lhitung< Ltabel yaitu 0,0077 < 0,0895, berdistribusi normal. (2)variabel Minat Belajar (X2) yaitu Lhitung< Ltabel yaitu 0,0786 < 0,0895, berdistribusi normal. (3)variabel Hasil Belajar Menggambar Teknik (Y) ) yaitu Lhitung = 0,0289 < Ltabel = 0,0895, berdistribusi normal. Hasil penelitian diperoleh yaitu (1) Persepsi siswa tentang keterampilan menjelaskan guru dikategorikan cenderung cukup dan mempunyai hubungan positif dan berarti dengan hasil belajar menggambar teknik. Dapat dibuktikan dengan hasil perhitungan korelasi antar variabel dengan nilai rhitung > rtabel yaitu 0,3500 > 0,1986. (2)Minat belajar dikategorikan cenderung cukup dan mempunyai hubungan yang positif dan berarti dengan hasil belajar menggambar teknik. Dibuktikan dengan hasil perhitungan korelasi antar variabel dengan nilai rhitung > rtabel yaitu 0,2486 > 0,1986. (3)Terdapat hubungan yang positif dan berarti secara bersama-sama antara persepsi siswa tentang keterampilan menjelaskan guru dan minat belajar dengan hasil belajar menggambar teknik pada siswa kelas X DPIB SMK Negeri Se-kota Madya Medan T.A 2018/2019. Dibuktikan dengan hasil perhitungan korelasi antar variabel dengan nilai rhitung > rtabel yaitu 0,6521 > 0,1986 pada taraf signifikasi 5%. 
Institution Info

Universitas Negeri Medan