Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menentukan kelayakan model pembelajaran berbasis media interaktif pada mata pelajaran ilmu sosial terpadu di SMP Negeri Tarutung Tapanuli Utara (2) Untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran berbasis komputer interaktif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Terpadu di SMP Negeri Tarutung, Kabupaten Tapanuli utara. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan produk Borg dan Gall. Model pengembangan produk pembelajaran ini adalah model yang disusun dalam urutan yang terprogram dan sistematis dan memenuhi karakteristik siswa dalam pembelajaran. Model ini meliputi 5 tahap yaitu: perencanaan / pengembangan desain, pengembangan produk, validasi ahli, pengujian, revisi dan produk akhir, maka model pembelajaran interaktif berbasis komputer layak. Ada perbedaan dalam hasil belajar siswa yang dipelajari menggunakan model pembelajaran berbasis komputer interaktif lebih efektif daripada yang dipelajari tanpa menggunakan model pembelajaran berbasis komputer interaktif. Hasil pengujian hipotesis membuktikan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang dipelajari menggunakan model pembelajaran berbasis media interaktif dan tanpa model pembelajaran berbasis Komputer interaktif. Disimpulkan bahwa model pembelajaran berbasis Komputer interaktif yang dikembangkan layak dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial terpadu.