DETAIL DOCUMENT
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA KOMPETENSI KONSTRUKSI JALAN DAN JEMBATAN PADA SISWA KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN DESAIN PEMODELAN DAN INFORMASI BANGUNAN SMK NEGERI 2 BIN
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Medan
Author
ERIKSON NAINGGOLAN (STUDENT ID : 5153111022)
Darwin (LECTURER ID : 0031126471)
Subject
LB1025 Teaching (Principles and Practice) 
Datestamp
2020-02-19 03:18:49 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa mata pelajaran Jalan dan Jembatan melalui penerapan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC).Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada siswa kelas XI program keahlian Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan di SMK Negeri 2 Binjai terdiri dari 31 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, tiap siklus tersebut meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi dengan materi spesifikasi jembatan. Untuk mengukur hasil belajar siswa digunakan tes soal pilihan berganda dengan 4 option sebanyak 20 soal. Sebelum alat ukur digunakan terlebih dahulu di uji coba. Pada uji coba tes hasil belajar siklus I, dari 20 soal diperoleh 16 soal yang valid dari data yang valid uji tingkat kesukaran didapat 3 soal yang mudah, 12 soal yang sedang, dan 1 soal yang sulit dengan uji daya pembeda soal, 1 soal kategori jelek, 7 soal kategori cukup, 7 soal kategori baik, dan 1 soal kategori baik sekali. Sedangkan pada siklus II, dari 20 soal yang telah di uji diperoleh 15 soal yang valid, dan uji tingkat kesukaran diperoleh 7 soal yang mudah dan 8 soal yang sedang. Analisa data menunjukan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Hasil belajar pada siklus I dengan nilai rata-rata 75,815 dengan persentase kelulusan 70,968 % (ketuntasan klasikal) meningkat menjadi 87,097 pada siklus II dengan persentase kelulusan 100% (ketuntasan klasikal). Dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI program keahlian desain Pemodelan dan Informasi Bangunan SMK Negeri 2 Binjai. Jika ingin meningkatkan hasil belajar siswa dalam pelajaran Konstruksi Jalan dan Jembatan, maka perlu menerapkan model pembelajaran CIRC yang telah teruji melalui penelitian. 
Institution Info

Universitas Negeri Medan