DETAIL DOCUMENT
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION TERHADAP HASIL BELAJAR PENGETAHUAN KONSEPTUAL SISWA PADA MATERI POKOK ELASTISITAS DAN HUKUM HOOKE DI KELAS XI SEMESTER I SMA NEGERI 1 PANAI HULU T.P 2019/2020
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Medan
Author
DUMA INDAH SIANIPAR (STUDENT ID : 4151121020)
Togi Tampubolon (LECTURER ID : 0001056111)
Subject
LC Special aspects of education 
Datestamp
2020-02-27 04:13:11 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe group investigation terhadap pengetahuan konseptual siswa pada materi pokok Elastisitas dan Hukum Hooke di kelas XI semester I SMA Negeri 1 Panai Hulu T.P. 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain Two group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Panai Hulu yang terdiri dari 3 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling dengan XIMIA-3 sebagai kelas ekperimen berjumlah 33 orang dan XIMIA-2 sebagai kelas kontrol berjumlah 34 orang. Instrumen yang digunakan adalah tes pengetahuan konseptual dalam bentuk essay yang telah divalidasi dengan jumlah 8 soal dan lembar aktivitas siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa pada model pembelajaran kooperatif tipe group investigation dikategorikan aktif dengan perolehan rata-rata pada pertemuan I, II, III sebesar 66,94% dan diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 39,06 dengan standar deviasi 7,75 sedangkan nilai rata-rata pretes kelas kontrol 38,06 dengan standar deviasi 8,00. Kemudian dilakukan uji t dua pihak dengan data thitung < ttabel (0,52 < 1,998), yang artinya kedua kelas memiliki kemampuan awal yang sama. Setelah diberikan perlakuan yang berbeda, diperoleh nilai rata-rata postest kelas eksperimen 77,03 dan nilai rata-rata postest kelas kontrol 69,10. Kemudian dilakukan uji t satu pihak diperoleh hasil hitung t = 3,29 dan tabel t =1,67. Karena hitung t > tabel t maka o H ditolak dan a H diterima, hal ini menunjukkan ada pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation terhadap pengetahuan konseptual siswa pada materi pokok Elastisitas dan Hukum Hooke di kelas XI SMA Negeri 1 Panai Hulu T.P. 2019/2020. 
Institution Info

Universitas Negeri Medan