DETAIL DOCUMENT
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MEANINGFUL INSTRUCTIONAL DESIGN TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI KELAS XI AKUNTANSI SMK NEGERI 7 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2019/2020
Total View This Week16
Institusion
Universitas Negeri Medan
Author
TAMBUNAN, FRISKA
Subject
HF5601 Accounting. Bookkeeping 
Datestamp
2020-03-11 04:50:53 
Abstract :
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI Akuntansi SMK Negeri 7 Medan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas dan hasil belajar akuntansi yang diajar dengan model pembelajaran Meaningful Instructional Design lebih tinggi dibanding aktivitas dan hasil belajar akuntansi yang diajar dengan metode pembelajaran konvensional pada siswa kelas XI Akuntansi SMK Negeri 7 Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 7 Medan yang beralamat di Jalan STM No.12 E Kampung Baru, Sitirejo II, Kecamatan Medan Amplas. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas XI SMK AK yang terdiri dari 6 kelas yang berjumlah 210 siswa. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik purposive sampling dengan kelas XI AK 5 sebagai kelas eksperimen berjumlah 30 orang dan kelas XI AK 6 sebagai kelas kontrol berjumlah 30 orang. Data hasil belajar siswa diperoleh dengan menggunakan tes berupa 20 soal pilihan ganda.. Teknik analisis data yang digunakan yaitu menghitung nilai mean, standar deviasi,lalu menghitung uji normalitas menggunakan uji Liliefors, uji homogenitas dan uji hipotesis dengan menggunakan uji t dengan kriteria jika thitung > ttabel pada α=0,05, maka hipotesis diterima. Hasil analisis data, lembar observasi yang dilakukan pada pertemuan I sampai III hasil dari pengujian hipotesis untuk aktivitas belajar diperoleh bahwa thitung = 2,786 dan ttabel = 1,672 pada tingkat kepercayaan 95% pada α = 0,05. Karena thitung>ttabel (2,786>1,672), maka berarti Hipotesis diterima yang menyatakan bahwa aktivitas belajar akuntansi yang diajar dengan model pembelajaran Meaningful Instructional Design lebih tinggi secara signifikan dibanding aktivitas belajar akuntansi yang diajar dengan metode pembelajaran konvensional pada siswa kelas XI AK SMK Negeri 7 Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020. Dari hasil analisis data, nilai rata-rata hasil pretest kelas eksperimen adalah 34,00 dengan standar deviasi 11,47 dan kelas kontrol 30,66 dengan standar deviasi 12,36. Nilai rata-rata posttest kelas eksperimen adalah 78,66 dengan standar deviasi 11,812 dan kelas kontrol 69,66 dengan standar deviasi 12,24. Hasil uji tdiperoleh hasil thitung (2,879) >ttabel (1,672) yang berarti Ha diterima. Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa hasil belajar akuntansi yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Meaningful Instructional Design lebih tinggi secara signifikan dibanding hasil belajar akuntansi yang diajar dengan menggunakan metode konvensional pada siswa kelas XI Akuntansi SMK Negeri 7 Medan T.P 2019/2020. 
Institution Info

Universitas Negeri Medan