DETAIL DOCUMENT
Pengembangan LKPD IPA Dengan Orientasi Inkuiri Terbimbing Berbasis Kontekstual Pada Pokok Bahasan Klasifikasi Dan Perubahan Materi Di Kelas VII SMP Swasta Muhammadiyah Kota Langsa
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Medan
Author
Mauliadi (STUDENT ID : 8176182031)
Dwi Retno Suyanti (LECTURER ID : 0026016602)
Zulkifli Matondang (LECTURER ID : 0013076804)
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2020-03-12 11:25:24 
Abstract :
Sebagian besar guru mata pelajaran IPA masih menerapkan LKPD yang bersumber dari buku paket yang didistribusikan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia dan yang diperjualbelikan di pasaran. Peneliti berasumsi penggunaan LKPD seperti ini secara tidak langsung tidak melatih cara berpikir kritis kepada peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan dan keefektifan serta respon peserta didik mengenai LKPD IPA dengan orientasi inkuiri terbimbing berbasis kontekstual yang telah dikembangkan dengan menggunakan prosedur pengembangan model 4D (four-D) yang meliputi 4 tahap yaitu : (1) define (pendefinisian), (2) design (perancangan), (3) develop (pengembangan), (4) disseminate (penyebaran). Pengembangan LKPD IPA ini. Subjek penelitian ini adalah 26 orang peserta didik kelas VII di SMP Swasta Muhammadiyah Kota Langsa. Instrumen pengumpulan data berupa lembar penilaian yang diberikan kepada ahli materi, ahli desain pembelajaran, ahli bahasa dan guru Ilmu Pengetahuan Alam. Sedangkan untuk melihat respon peserta didik peneliti membagikan dan menganalisis lembar angket. Metode yang digunakan untuk menganalisis data adalah dengan teknik deskriptif kuantitatif yang diungkapkan dalam distribusi skor dan kategori skala penilaian. Hasil penelitian menunjukkan LKPD IPA berorientasi inkuiri terbimbing berbasis kontekstual pada materi perubahan fisika dan kimia yang telah dikembangkan oleh peneliti sangat layak digunakan dan diaplikasikan dalam pembelajaran. Hal ini disebabkan karena, setelah dinilai oleh para validator yang terdiri dari ahli materi, ahli bahasa, ahli desain dan guru kelas VII di SMP Swasta Muhammadiyah Kota Langsa. Penilaian terhadap produk yang dikembangkan apabila dipresentasekan mencapai nilai 95%, 97%, 96% dan 97% dan dikategorikan sangat valid. LKPD IPA berorientasi inkuiri terbimbing berbasis kontekstual pada materi perubahan fisika dan kimia yang telah dikembangkan oleh peneliti efektif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Hal ini dikarenakan, setelah dianalisis peningkatan hasil belajar peserta didik (gain score) kelas VIIB mencapai 0,78 tergolong dalam kategori tinggi serta peserta didik memberikan respon positif terhadap LKPD yang dikembangkan. Hal ini dikarenakan, respon peserta didik mencapai 98% dengan kategori sangat baik. Sehingga, peneliti menyarankan sangat diperlukan untuk dikembangkannya sebuah produk khususnya LKPD IPA berorientasi inkuiri terbimbing berbasis kontekstual di kelas VII SMP/MTs pada materi atau pokok bahasan lainnya. Sehingga, hasil belajar peserta didik dapat meningkat secara menyeluruh pada semua pokok bahasan khususnya pada materi IPA Terpadu. 
Institution Info

Universitas Negeri Medan