DETAIL DOCUMENT
Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Menggunakan Macromedia Flash dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa pada Materi Pencemaran Lingkungan
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Medan
Author
Tiara Mahdalena Arwira (STUDENT ID : 8176182053)
Retno Dwi Suyanti (LECTURER ID : 0026016602)
Daulat Saragi (LECTURER ID : 0007116404)
Subject
BF Psychology 
Datestamp
2020-03-12 11:31:34 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: apakah hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran berbasis masalah menggunakan macromedia flash lebih baik dari siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran langsung, apakah hasil belajar siswa yang memiliki motivasi tinggi lebih baik dari siswa yang memiliki motivasi rendah, apakah terdapat interaksi antara kedua model pembelajaran dengan tingkat motivasi dalam mempengaruhi hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi experiment). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs Lab. UINSU Medan Tahun Ajaran 2018/2019 yang terdiri dari tiga kelas. Sampel dipilih secara cluster random sampling sebanyak dua kelas. Instrumen yang digunakan yaitu angket motivasi belajar siswa dan tes hasil belajar siswa. Data yang diperoleh dari instrumen penelitian kemudian dianalisis menggunakan anava dua jalur pada program SPSS 14.0 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran berbasis masalah lebih baik dari siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran langsung (sig. = 0,03 < 0,05), Hasil belajar siswa yang memiliki motivasi tinggi lebih baik dari siswa yang memiliki motivasi rendah (sig. = 0,000 < 0,05), Terdapat interaksi antara kedua model pembelajaran dengan tingkat motivasi dalam mempengaruhi hasil belajar siswa (sig. = 0,02 < 0,05). 
Institution Info

Universitas Negeri Medan