DETAIL DOCUMENT
Evaluasi Implementasi Penilaian Autentik di SDN 101775 Sampali Kabupaten Deli Serdang Tahun Ajaran 2019/2020
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Medan
Author
Syarifah Aini (STUDENT ID : 8176182052)
Deny Setiawan (LECTURER ID : 0008036812)
Siman (LECTURER ID : 0008015502)
Subject
LB Theory and practice of education 
Datestamp
2020-03-13 08:22:36 
Abstract :
Penelitian ini merupakan jenis penelitian evaluasi dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Model evaluasi yang digunakan yaitu Stake Countenance Model. Subjek penelitian ini adalah seluruh guru yang ada di SDN 101775 Sampali Kabupaten Deli Serdang yang berjumlah 12 orang guru. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket, dokumentasi dan wawancara. Dalam menganalisis data menggunakan metode deskriptif. Dari hasil penelitian yang dilakukan tentang evaluasi implementasi penilaian autentik di SDN 101775 Sampali Kabupaten Deli Serdang dengan model evaluasi stake countenance yaitu 90,39%. Hal ini dibuktikan dari ketiga tahap evaluasi stake pada implementasi penilaian autentik yang terdiri dari fase masukan (antecendents phase) yang dievaluasi terdiri dari analisis dokumen pembelajaran, dokumen penilaian sikap, dokumen penilaian pengetahuan dan penilaian keterampilan sudah lengkap dengan sangat baik dengan persentase 89,46%. Pada fase proses (transaction phase) yang dievaluasi yaitu bagaimana pelaksanaan penilaian autentik yang dilakukan oleh guru-guru di SDN 101775 Sampali sudah terlaksana dengan sangat baik dengan persentase 90,71%. Pada fase hasil (Outcomes phase) yang dievaluasi yaitu pelaporan hasil belajar siswa dan pemahaman guru terhadap implementasi penilaian autentik di sekolah sudah berjalan dengan sangat baik dengan persentase 91%. Selajutnya saran pelaksanaan penilaian autentik ini terus dipantau agar pemahaman guru tentang implementasi penilaian autentik dapat terlaksana dengan baik. 
Institution Info

Universitas Negeri Medan