Institusion
Universitas Negeri Medan
Author
Riza Oktarina (STUDENT ID : 8136182045)
Anita Yus (LECTURER ID : 0021075903)
Sanusi Hasibuan (LECTURER ID : 0011086407)
Subject
LB Theory and practice of education
Datestamp
2020-03-13 08:40:59
Abstract :
Perkembangan fisik motorik salah satu dari 6 aspek perkembangan anak usia dini, untuk mencapai perkembangan motorik khususnya motorik kasar dilakukan melalui permainan. Aktivitas bermain dapat menstimulasi perkembangan fisik motorik anak, dan menjadi salah satu faktor lain yang berperan penting dalam peningkatan psikis anak yaitu kecerdasan interpersonal. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka peneliti memilih judul ?Pengaruh Permainan Bakiak dan Kecerdasan Interpersonal Terhadap Perkembangan Fisik Motorik Anak TK Khairani Aceh Besar. Rumusan masalah dan tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui perbedaan perkembangan fisik motorik antara siswa yang diberikan permainan bakiak kelompok dan siswa yang diberikan permainan bakiak individu, Interaksi antara permainan bakiak dengan kecerdasan interpersonal terhadap perkembangan fisik motorik, perbedaan perkembangan fisik motorik antara siswa yang diberikan permainan bakiak kelompok dan siswa yang diberikan permainan bakiak individu yang memiliki kecerdasan interpersonal tinggi, dan perbedaan perkembangan fisik motorik antara siswa yang diberikan permainan bakiak kelompok dan siswa yang diberikan permainan bakiak individu yang memiliki kecerdasan interpersonal rendah. Lokasi penelitian di laksanakan di TK Khairani Aceh Besar yang beralamat di Desa Lubok Batee Kecamatan Ingin Jaya Kabupaten Aceh Besar, penelitian dilakukan pada tanggal 15 Nop 2018 sampai dengan 15 Des 2018. Subjek penelitian anak kelompok B yang berjumlah 44 orang. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode eksperimen dan desain penelitian adalah desain treatment by level 2 x 2. Instrumen penelitian ini menggunakan tes permainan bakiak, lembar observasi kecerdasan interpersonal dan tes perkembangan fisik motorik. Prosedur penelitian yaitu data pretest, perlakuan, postest, pengolahan data, analisis data dan kesimpulan. Memenuhi standar validitas dan reliabilitas instrumen. Tehnik analisis data mengunakan deskriftif data yang meliputi Mean, Median, Modus, tabel distribusi frekuensi dan histogram. Pengujian prasyarat analisis yaitu data normalitas dan homogenitas. Dari hasil analisis data yang diperoleh penelitian ini menunjukkan bahwa adanya pengaruh permainan bakiak dan kecerdasan interpersonal terhadap perkembangan fisik motorik anak TK Khairani Aceh Besar.