DETAIL DOCUMENT
PENGEMBANGAN MEDIA DUBIDO BERBASIS KONTEKSTUAL PADA MATA KULIAH DASAR ILMU KIMIA DI PRODI PENDIDIKAN KIMIA
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Medan
Author
Angeline Viska Ayu Rosalia (STUDENT ID : 8176142001)
Zainuddin Muchtar (LECTURER ID : 0017036707)
Saronom Silaban (LECTURER ID : 0013118001)
Subject
LB Theory and practice of education 
Datestamp
2020-03-16 03:04:52 
Abstract :
Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk menghasilkan media dubido berdasarkan kontekstual; (2) untuk mengetahui perolehan prestasi belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan dubido; (3) untuk korelasi antara keuntungan dan bunga. Penelitian ini dilakukan di Program Studi Pendidikan Kimia di Unimed. Kelas eksperimen diberi perlakuan dengan pengajaran dengan menggunakan media dubido berdasarkan kontekstual. Kelas eksperimen telah memenuhi persyaratan untuk uji normalitas dan homogenitas. Produk penelitian dikemas dalam bentuk aplikasi android (.apk) dan telah valid dan layak digunakan. Terdapat peningkatan hasil belajar dikelas eksperimen dan korelasi minat belajar mahasiswa terhadap peningkatan hasil belajar. Rata-rata hasil pretest dan posttest adalah 36.615 dan 82.769. Peningkatan hasil posttest menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan dubido berdasarkan kontekstual dapat meningkatkan prestasi siswa. Peningkatan prestasi belajar siswa yang ditandai oleh persen gain dengan nilai gain adalah 74%. Hasil uji t diperoleh dari thitung lebih dari ttabel (2,038 lebih dari 1,671) pada 0,05, artinya implementasi dubido berdasarkan kontekstual diberikan efek positif untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. 
Institution Info

Universitas Negeri Medan