DETAIL DOCUMENT
Keberhasilan Belajar Siswa SMA Kelas X Melalui Pembelajaran Yang Menggunakan Pengembangan Penuntun Praktikum Kimia Berbasis Inkuiri Terbimbing Pada Pokok Bahasan Ruang Lingkup Kimia
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Medan
Author
Anna Pininta Dahlia Silalahi (STUDENT ID : 8146141002)
Albinus Silalahi (LECTURER ID : 0020035308)
Nurfajriani (LECTURER ID : 0002096703)
Subject
LB Theory and practice of education 
Datestamp
2020-07-15 08:00:08 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kriteria kelayakan penuntun praktikum kimia yang beredar di sekolah dan berdasarkan pada kriteria kelayakan ini apakah penuntun praktikum yang sedang digunakan atau yang telah digunakan sebelumnya untuk kelas X semester 1 telah sesuai standar BSNP; mengetahui kriteria kelayakan penuntun praktikum kimia yang dikembangkan mengacu pada standar BSNP apakah telah sesuai dengan standar BSNP; mengetahui perbedaan antara hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan penuntun praktikum yang sedang atau yang telah digunakan sebelumnya di sekolah dengan yang dibelajarkan dengan menggunakan penuntun praktikum yang dikembangkan tersebut. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan metode Inkuiri Terbimbing. Populasi penelitian adalah semua siswa kelas X SMA yang menggunakan kurikulum 2013 semester 1 tahun ajaran 2019/2020. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPA2 dan X IPA7 SMA Negeri 2 Pematangsiantar masing-masing berjumlah 32 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa baik penuntun praktikum yang sedang digunakan atau yang telah digunakan sebelumnya maupun penuntun praktikum yang dikembangkan tersebut adalah sesuai dengan standar BSNP. Namun rata-rata hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan penuntun praktikum yang dikembangkan tersebut (84,6 ± 6,89) berbeda dengan rata-rata hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan penuntun praktikum yang sedang digunakan atau yang telah digunakan sebelumnya (71,7 ± 9,30). Hasil uji independen Sample T-test dengan program SPSS 19,0 for windows dengan syarat data berdistribusi normal dan homogen terhadap perbedaan kedua rata-rata ini dapat dinyatakan bahwa hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan penuntun praktikum yang dikembangkan tersebut lebih tinggi secara secara signifikan dari pada hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan penuntun praktikum yang sedang digunakan atau yang telah digunakan sebelumnya, pada tingkat signifikansi 5%. 
Institution Info

Universitas Negeri Medan