DETAIL DOCUMENT
PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE EXAMPLE NON EXAMPEL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GAMBAR TEKNIK DASAR PADA SISWA KELAS X DESAIN PERMODELAN DAN INFORMASI BANGUNAN SMK NEGERI 5 MEDAN
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Medan
Author
NOBAT SIHOMBING (STUDENT ID : 515311036)
Darwin (LECTURER ID : 0031126471)
Rumilla Harahap (LECTURER ID : 0005086504)
Subject
LB Theory and practice of education 
Datestamp
2020-03-24 09:10:20 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Gambar Teknik Dasar melalui penerapan metode pembelajaran kooperatif Tipe Example Non Example. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Desain Permodelan dan Informasi Bangunan yang terdiri dari 36 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data secara deskriptif dengan menggunakan persentase. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa metode pembelajaran Kooperatif Tipe Example Non Example dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X DPIB SMK Negeri 5 Medan. Pada siklus I yaitu rata-rata 77,05 dengan persentase kelulusan kelas 72,22 % dan pada siklus II meningkat yaitu rata-rata 86,57 dengan persentasi kelulusan kelas 100 %. Diharapkan metode pada penelitian ini dapat menjadi alternatif yang relevan dalam meningkatkan hasil belajar mata pelajaran gambar teknik dasar. 
Institution Info

Universitas Negeri Medan