DETAIL DOCUMENT
Analisis Kesesuaian Materi Buku Siswa Bahasa Indonesia Kelas XII Edisi Revisi 2018 dengan KI dan KD
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Medan
Author
Fitria Sari (STUDENT ID : 2152111028)
Salmah Naelofaria (LECTURER ID : 0002038808)
Subject
PL5051 Malayan (Indonesia) languages 
Datestamp
2020-04-16 12:09:02 
Abstract :
Buku ajar atau buku teks dalam suatu proses pembelajaran sangat penting guna menjadi sebuah pedoman atau referensi keilmuan yang dipelajari. Buku ajar atau teks ini juga menjadi salah satu dari media pembelajaran. Buku teks adalah buku pelajaran yang dijadikan buku pegangan siswa sebagai media pembelajaran utama untuk memahami dan belajar mengenai suatu materi pembelajaran. Materi dalam buku tersebut telah diseleksi agar sesuai dengan kemampuan siswa dan disusun secara sistematis. Pada kenyataannya buku teks masih mengalami beberapa masalah seperti terlalu sederhana jika dibandingkan dengan tujuan pembelajaran dalam kurikulum 2013, urutan tema yang terkesan tidak sistematis, dan masalah kesesuaian materi dengan KI dan KD yang berlaku. Hal inilah yang menjadi latar belakang penulis dalam mengambil judul ?Analisis Kesesuaian Materi Buku Siswa Bahasa Indonesia Kelas XII Edisi Revisi 2018 dengan KI dan KD?. Adapun fokus penelitian ini, yaitu apakah materi buku siswa bidang studi bahasa Indonesia kelas XII edisi revisi 2018 telah sesuai dengan KI dan KD Permendikbud No 24 Tahun 2016? Dan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kesesuaian materi pada buku siswa bahasa Indonesia kelas XII edisi revisi 2018 dengan berdasarkan KI dan KD Permendikbud No 24 Tahun 2016. Untuk mencapai tujuan di atas, digunakan pendekatan kualitatif. Data dan sumber data dari penelitian ini diambil dari buku siswa Bahasa Indonesia kelas XII edisi revisi 2018. Jenis instrument penelitian yang digunakan peneliti dalam penelitian ini yaitu menggunakan ceklis (check-list). Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil dari analisis data penelitian ini menunjukkan bahwa 82,1% telah sesuai, 10,7% kurang sesuai, dan 3,5% tidak sesuai dengan KI dan KD karena terdapat materi namun tidak ada KD yang menjadi acuannya, serta 7,1% tidak sesuai karena tidak ada materi yang di bahas sesuai dengan KI dan KD tersebut. Untuk mencapai nilai 100% maka hasil persentase 10,7% dan 7.1% diperbaiki kembali agar menjadi sesuai, dan hasil persentase 3,5% dihapuskan karena tidak berpengaruh terhadap tujuan pembelajaran siswa sebab tidak ada acuannya dalam KI dan KD. Maka dari itu kesimpulannya adalah dengan jumlah kesesuaian yang mencapai 82,1%, materi buku tersebut berada pada status sesuai. 
Institution Info

Universitas Negeri Medan