Institusion
Universitas Negeri Medan
Author
Yuni Novalina Sembiring (STUDENT ID : 2151111061)
M. Oky Fardian Gafari (LECTURER ID : 0015017903)
Subject
LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Datestamp
2020-05-04 02:17:55
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran tipe Guided Teaching dalam menulis teks persuasi. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 252 siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tigabinanga. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 31 orang siswa yang diambil dari teknik random sampling (acak kelas). Instrumen yang digunakan untuk menjaring data adalah tes esai. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain penelitian one group pre-test and post-test. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji ?t?. Dari pengolahan data, diperoleh nilai rata-rata pre-test = 61,77, standar deviasi = 11,20 , sedangkan nilai rata-rata post-test =83,25, standar deviasi = 6,21. Berdasarkan uji normalitas, hasil pre-test dan post-test berdistribusi normal. Kemudian berdasarkan uji homogenitas dinyatakan bahwa sampel berasal dari populasi yang homogen. Setelah uji homogenitas dan uji normalitas dilakukan, maka diketahui t0 sebesar 11,933 selanjutnya t0 tersebut dikonsultasikan dengan tabel t pada taraf signifikan 5% dengan satu pihak dimana dk = (n-1, maka ttabel= 2,04 sehingga jika dibandingkan dengan t0 dengan ttabel maka t0> ttabel yakni (11,933 >2,04) maka hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Akhirnya dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran tipe Guided Teaching efektif digunakan terhadap pembelajaran menulis teks persuasi oleh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tigabinanga Tahun Pembelajaran 2018/2019.