Institusion
Universitas Negeri Medan
Author
Inge Yolanda (STUDENT ID : 2153111017)
M. Oky Fardian Gafari (LECTURER ID : 0015017903)
Subject
LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Datestamp
2020-05-12 05:52:02
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Strategi Pembelajaran Lipirtup Terhadap Kemampuan Menulis Puisi Pada Siswa MAS Al-Wasliyah 12 Perbaungan Tahun Pembelajaran 2018/2019. Populasi penelitian ini adalah seluruh Siswa Kelas X MAS Al-Wasliyah 12 Perbaungan berjumlah 138 orang dan yang menjadi sampel dalam penelitian ini sebanyak 30 orang yang diambil secara acak. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain one group pre-test post-test design. Instrumen yang digunakan adalah tes menulis puisi dalam bentuk esai tes.
Hasil pengolahan data menunjukkan ada perbedaan hasil kemampuan menulis puisi. Tes awal (pre-test) dengan nilai rata-rata = 64,46 Standar Deviasi = 10,03 dan Standar Error = 1,86. Tes akhir (post-test) dengan nilai rata-rata 74,53 Standar Deviasi = 10,67 dan Standar Eror = 1,98. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji ?t? dari perhitungan uji hipotesis diperoleh thitung= 3,71 ,selanjutnya dikonsultasikan dengan tabel t pada taraf signifikan 5% dengan df = (n-1) = (30-1) = 29. Pada tabel t dengan df 29 pada taraf 5% = 2,04. Karena thitung yang diperoleh lebih besar dari ttabel yaitu 3,71 > 2,04, maka hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Hal ini membuktikan bahwa strategi pembelajaran Lipirtup memberikan pengaruh yang lebih baik terhadap kemampuan menulis puisi.