Abstract :
Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Populasinya adalah seluruh siswa kelas IV SD IT TQ Islamic Centre Medan, Tahun Ajaran 2019-2020 yang berjumlah 44 siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran NHT berbantuan media dan motivasi belajar siswa terhadap basil belajar. Analisis data dilakukan dengan analisis varian (ANAVA). Basil temuan ini menunjukkan bahwa pertama, terdapat pengaruh antara motivasi tinggi yang diajar dengan model Pembelajaran NHT berbantu media audiovisual dan media gambar. Dimana motivasi tinggi yang diajar dengan model Pembelajaran NHT berbantu media audiovisual memiliki nilai rata-rata 23,23 dan motivasi tinggi yang diajar dengan model Pembelajaran NHT berbantu media gambar memiliki nilai rata-rata 18,95. Kedua, terdapat pengaruh antara motivasi rendah yang diajar dengan model pembelajaran NHT berbantu media audiovisual dan media gambar. Dimana motivasi rendah yang diajar dengan pembelajaran NHT berbantu media audiovisual memiliki nilai rata-rata 17,41 dan motivasi rendah yang diajar dengan pembelajaran NHT berbantu media gambar memiliki nilai rata-rata 17, 14. Ketiga, Terdapat pengaruh antara motivasi tinggi dan rendah siswa yang diajar dengan model pembelajaran NHT berbantu media audiovisual dan gambar. Keempat,Terdapat interaksi yang signifikan antara model pembelajaran yang digunakan terhadap motivasi siswa di kelas IV SD Islamic Centre, Medan. Simpulan penelitian ini menjelaskan bahwa motivasi tinggi dan rendah siswa lebih sesuai diajarkan dengan model pembelajaran NHT berbantu media audiovisual daripada media gambar