DETAIL DOCUMENT
PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN PENDEKATAN SCIENTIFIC LEARNING BERBANTUAN MEDIA GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 10 MEDAN T.A 2019/2020
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Medan
Author
NEHEMIA SIMATUPANG (STUDENT ID : 4151111060)
Wingston Leonard Sihombing (LECTURER ID : 0013076106)
Subject
QA Mathematics 
Datestamp
2020-10-20 02:37:15 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya dan bagaimana peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa melalui penerapan model Problem Based Learning dengan pendekatan Scientific Learning berbantuan media Geogebra di kelas VIII SMP Negeri 10 Medan T.A 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII ? H berjumlah 31 siswa. Objek penelitian adalah kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dengan model Problem Based Learning dengan pendekatan Scientific Learning berbantuan media Geogebra pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Cara pengambilan data dilakukan melalui observasi dan tes. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dan di akhir setiap siklus diberikan tes kemampuan berpikir kreatif matematis. Berdasarkan hasil analisis data kemampuan berpikir kreatif matematis siswa diperoleh rata-rata kemampuan berpikir kreatif matematis siswa meningkat dari 65,12 (siklus I) menjadi 80,44 (siklus II) dengan persentase kemampuan berpikir kreatif matematis siswa secara klasikal adalah 31,71% (siklus I) menjadi 90,32% (siklus II). Berdasarkan kriteria ketuntasan klasikal maka persentase ketuntasan ini sudah memenuhi. Hasil tes kemampuan berpikir kreatif matematis siswa pada setiap indikator yakni indikator kelancaran meningkat dari rata-rata 80,65 (siklus I) menjadi 93,55 (siklus II), indikator kelenturan meningkat dari rata-rata 62,90 (siklus I) menjadi 82,26 (siklus II), indikator elaborasi meningkat dari rata-rata 66,94 (siklus I) menjadi 79,03 (siklus II), indikator keaslian meningkat dari rata-rata 50 (siklus I) menjadi 66,94 (siklus II). Berdasarkan uraian-uraian di atas disimpulkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dapat meningkat dengan menerapkan model Problem Based Learning dengan pendekatan Scientific Learning berbantuan media Geogebra di kelas VIII SMP Negeri 10 Medan. 
Institution Info

Universitas Negeri Medan