DETAIL DOCUMENT
PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO TUTORIAL DENGAN APLIKASI BANDICAM SCREEN RECORDER TERHADAP KEAKTIFAN SISWA KELAS XI DPIB PADA MATA PELAJARAN APLIKASI PERANGKAT LUNAK DAN PERANCANGAN INTERIOR GEDUNG DI SMK NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Medan
Author
MARIUS CHRISTIAN PANGGABEAN (STUDENT ID : 5163111025)
Darwin (LECTURER ID : 0031126471)
Zulkifli Matondang (LECTURER ID : 0013076804)
Subject
TK4001 Applications of electric power 
Datestamp
2020-09-08 02:02:57 
Abstract :
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya keaktifan belajar siswa kelas XI DPIB SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan. Rendahnya keaktifan belajar disebabkan mendominasinya metode ceramah dan visual dalam proses pembelajaran yang menyebabkan siswa kurang semangat atau antusias terhadap mata pelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Media Pembelajaran Video Tutorial dengan Aplikasi Bandicam Screen Recorder terhadap keaktifan belajar Aplikasi Perangkat Lunak dan Perancangan Interior Gedung (AutoCad) kelas XI DPIB SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan Tahun Ajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen terdiri dari dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Instrumen pengumpulan data adalah instrumen angket keaktifan belajar dengan butir angket sebanyak 29 setelah di uji validitas dan reliabilitas. Dari data yang diperoleh keaktifan belajar, pada kelompok eksperimen rata-rata nilai keaktifan belajar siswa 85,69. Pada kelompok kontrol rata-rata nilai keaktifan belajar siswa 74,69. Pada perhitungan normalitas kelompok eksperimen Lhitung = 0,1906 lebih kecil dari Ltabel = 0,213 dan kelompok kontrol Lhitung = 0,1707 lebih kecil dari Ltabel = 0,213. Disimpulkan masing-masing sampel berasal dari populasi yang berdistribusi normal. Perhitungan homogenitas 
Institution Info

Universitas Negeri Medan