Institusion
Universitas Negeri Medan
Author
SALWA DWI RATNA (STUDENT ID : 8166175020)
Mariati Purnama Simanjuntak (LECTURER ID : 0019117104)
Sahyar (LECTURER ID : 0026046004)
Subject
LB Theory and practice of education
Datestamp
2020-11-13 04:05:00
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh guided inquiry learning berbantuan simulasi komputer terhadap keterampilan berpikir kritis dan kreatif siswa pada materi fluida statis. Jenis penelitian adalah quasi experiment dengan desain three group pretest-posttest. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Al-Ulum Medan semester I Tahun Ajaran 2019/2020. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling dan diperoleh tiga kelas, kelas pertama adalah kelas eksperimen I menggunakan guided inquiry learning berbantuan simulasi, kelas kedua adalah kelas eksperimen II menggunakan guided inquiry learning tanpa berbantuan simulasi, dan kelas ketiga adalah kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan untuk mengukur keterampilan berpikir kritis dan kreatif siswa berupa soal uraian masing-masing terdiri dari 5 soal yang sudah divalidasi. Data pretes dan postes dianalisis dengan menggunakan uji manova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guided inquiry learning berbantuan simulasi komputer berpengaruh secara signifikan terhadap keterampilan berpikir kritis dan kreatif siswa. Keterampilan berpikir kritis dan kreatif siswa dengan guided inquiry learning berbantuan simulasi komputer lebih baik dibandingkan dengan keterampilan berpikir kritis dan kreatif siswa dengan guided inquiry learning tanpa berbantuan simulasi komputer dan pembelajaran konvensional.