DETAIL DOCUMENT
Pengembangan Bahan Ajar Berorientasi Kemampuan Berpikir Kritis Pada Pelajaran Kimia Kelas XI SMA
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Medan
Author
Risma Siahaan (STUDENT ID : 8156142029)
Saronom Silaban (LECTURER ID : 0013118001)
Marham Sitorus (LECTURER ID : 0001016328)
Subject
LB Theory and practice of education 
Datestamp
2021-03-10 04:48:47 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) kelayakan modul kimia yang digunakan oleh siswa kelas XI; (2) kelayakan modul kimia berorientasi kemampuan berpikir kritis yang dikembangkan di kelas XI SMA; (3) persepsi guru terhadap modul kimia berorientasi kemampuan berpikir kritis yang dikembangkan; dan (4) persepsi siswa terhadap modul berorientasi kemampuan berpikir kritis yang dikembangkan. Penelitian ini termasuk jenis penelitian dan pengembangan dengan model pengembangan 3D (define, design dan develop). Bahan ajar yang dikembangkan divalidasi oleh empat orang ahli berdasarkan aspek kelayakan materi, penyajian, bahasa dan kegrafikan oleh ahli menggunakan lembar validasi sesuai standar BSNP. Selanjutnya bahan ajar yang telah divalidasi disebar kepada lima orang guru kimia dan siswa kelas XI di SMA Swasta Sultan Agung dan SMA Negeri 1 Pematangsiantar untuk mendapatkan persepsi mereka terhadap bahan ajar dengan mengisi angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata skor validator terhadap bahan ajar yang dikembangkan adalah 4,25 dari aspek kelayakani isi; 4,20 untuk aspek kelayakan penyajian; 4,19 untuk aspek kebahasaan dan 4,14 dari aspek kegrafikan. Sedangkan rata-rata skor persepsi guru sebesar 4,56 dan rata-rata skor persepsi siswa dari dua sekolah masing-masing sebesar 3,80 dan 3,82 ditinjau dari indikator ketertarikan, indikator materi dan indikator bahasa. Hasil ini menunjukkan bahwa bahan ajar berorientasi kemampuan berpikir kritis yang dikembangkan telah memenuhi kriteria valid merujuk BSNP dan baik untuk digunakan dalam pembelajaran kimia di kelas XI SMA. 
Institution Info

Universitas Negeri Medan