Institusion
Universitas Negeri Medan
Author
Nirwana Anas (STUDENT ID : 8146184010)
Retno Dwi Suyanti (LECTURER ID : 0026016602)
Bornok Sinaga (LECTURER ID : 0010096506)
Subject
LB Theory and practice of education
Datestamp
2021-08-10 08:22:03
Abstract :
Dunia membutuhkan guru yang cerdas, kreatif, teliti dan peduli yang tidak hanya akan mengubah kehidupan peserta didik, tetapi juga membantu meningkatkan profesionalisme guru di masa depan. Memiliki model pembelajaran yang dapat menciptakan guru cerdas secara kognitif dan terampil dalam mencerdaskan peserta didik merupakan suatu kebutuhan. Penelitian ini bertujuan mengembangkan dan menguji tingkat kevalidan, kepraktisan, keefektifan, aktifitas aktif dan respon peserta didik dalam penerapan Model Pembelajaran AJARI untuk meningkatkan kreativitas pada mata kuliah Konsep Dasar IPA. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (Developmental Research). Model Pembelajaran AJARI dikembangkan memenuhi kriteria komponen model pembelajaran yakni: sintaks model, sistem sosial, prinsip reaksi pengelolaan, sistem pendukung, dan dampak instruksional dan pengiring serta instrumen-instrumen yang diperlukan. Pengembangan Model Pembelajaran dilakukan mengikuti tahapan pengembangan yang dikemukan Plomp dengan memperhatikan tiga aspek produk dari Nieveen. Instrumen yang dikembangkan berupa lembar validasi model pembelajaran, perangkat pembelajaran, dan kreativitas dan divalidasi oleh ahli dan praktisi.Penelitian ini menghasilkan Model Pembelajaran AJARI yang memenuhi kriteria valid baik secara isi dan konstruk, praktis dan efektif, tingkat partisipasi aktif dan respon peserta didik berada pada level tinggi. Implikasi penelitian ini berupa model pembelajaran yang dapat meningkatkan kreativitas peserta didik. Rekomendasi bagi penelitian selanjutnya supaya menerapkan Model Pembelajaran AJARI pada mata kuliah lain bagi mahasiswa calon guru untuk meninjau dampak kreativitasnya.