Abstract :
Penelitian quasi eksperiment ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Make A Match terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem peredaran darah di kelas XI MIA SMA Negeri 2 Percut Sei Tuan T.P. 2020/2021. Sampel penelitian diperoleh dengan teknik random sampling. Sampel terdiri dari 2 kelas yaitu kelas XI MIA 2 dan Kelas XI MIA 4. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest nonequivalent control group design. Instrumen pengumpulan data terdiri dari soal kognitif berbentuk pilihan berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata postes kelas eksperimen 81,09 lebih tinggi dari nilai rata-rata postes kelas kontrol 73,49. Analisis pengujian hipotesis menggunakan SPSS 21 dengan metode independent sample t-test dengan ? = 0,05 (Sig < 0,05), diperoleh Sig. hasil belajar siswa sebesar 0,000, maka dapat diartikan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima yang menyatakan bahwa hasil belajar kedua kelas adalah berbeda. Sehingga, dapat disimpulkam bahwa ada pengaruh pengimplementasian model pembelajaran Make A Match terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem peredaran darah di kelas XI MIA SMA Negeri 2 Percut Sei Tuan T.P. 2020/2021.