Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk menelaah penanaman karakter kompetensi sosial
dan menganalisis bagaimana penanaman karakter kompetensi sosial di SDN
060870 Medan Timur. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif
kualitatif. Data yang dianalisis merupakan hasil wawancara, observasi serta
dokumentasi kepala sekolah, guru dan peserta didik di SDN 060870 Kec. Medan
Timur Kota Medan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penanaman karater
kompetensi sosial dalam kurikulum 2013 terlaksana dengan baik. Ada 2 aspek
penenaman karakter kompetensi sosial yaitu; (1) prilaku interaksi, yang
memiliki 4 karakterisitik diantaranya; bersahabat (dengan siswa, guru, dan
warga sekolah), memberikan penghargaan (reward), sopanan dan ramah tamah
(terhadap siswa, guru, dan warga sekolah), perduli lingkungan (2) prilaku
komunikasi, yang memiliki 3 karakteristik diantaranya; berkomunikasi secara
santun, bergaul secara efektif, dan terampil bekerjasama dalam kelompok. Maka
dapat disimpulkan bahwa penanaman karakter kompetensi sosial di SDN
060870 terlaksana dengan baik.