Institusion
Universitas Negeri Medan
Author
EMA NOVITA PURBA (STUDENT ID : 7163143008)
Randeska Manullang (LECTURER ID : 0014117903)
Subject
HF5717 Business communication
Datestamp
2021-04-16 02:02:49
Abstract :
Masalah dalam penelitian ini adalah masih rendahnya minat berwirausaha mahasiswa prodi Pendidikan Bisnis Stambuk 2017 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan .
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Pengaruh Kreativitas dan Penggunaan Sosial Media Terhadap Minat Berwirausaha Prodi Pendidikan Bisnis Stambuk 2017 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan .
Penelitian ini dilakukan di Program Studi Pendidikan Bisnis Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan, Jalan Williem Iskandar Pasar V Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah semua mahasiswa Program Studi Pendidikan Bisnis stambuk 2017 yang berjumlah 89 orang mahasiswa. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik total sampling sehingga diperoleh jumlah sampel sebanyak 89 orang mahasiswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran angket kepada responden sebanyak 70 butir pernyataan. Sementara teknis analisis data yang digunakan uji asumsi klasik, uji analisis regresi linear berganda dan uji hipotesis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pada variabel Kreativitas (X1) diperoleh thitung sebesar 7,054 dengan demikian thitung> ttabel dimana 7,054 > 1,987 dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05. Sama halnya Pada variabel penggunaan sosial media (X2) diperoleh thitungsebesar 3,505 dengan demikian thitung> ttabel dimana 3,505 > 1,987 dengan nilai signifikan 0,001 < 0,05. Secara simultan variabel Kreativitas dan Pengunan Sosial Media terdapat pengaruh positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha mahasiswa nilai fhitung sebesar 72,667 dan nilai signifikan adalah 0,000 hal ini berarti Fhitung > Ftabel dimana 72,667 >3,10 0dan nilai signifikan 0,00 < 0,05. variabel kreativitas (X1) dan penggunaan sosial media (X2) memberikan kontribusi pengaruh sebesar 62% terhadap minat berwirausaha mahasiswa.