DETAIL DOCUMENT
Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Membaca Permulaan Untuk anak Usia dini (5-6 tahun) di Taman Kanak-Kanak Nasrani 3 Kecamatan Medan Kota, Kota Medan
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Medan
Author
Ostawati Gultom (STUDENT ID : 8176181013)
Anita Yus (LECTURER ID : 0021075903)
Sriadhi (LECTURER ID : 0022046310)
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2021-05-16 20:19:07 
Abstract :
Tujuan penelitian pengembangan ini adalah untuk mengetahui kelayakan dan efektivitas multimedia pembelajaran interaktif membaca permulaan Anak Usia Dini di Kelompok B TK Nasrani 3 Kecamatan Medan Kota, Kota Medan. Model Penembangan dalam penelitian ini mengacu pada model penelitian dan pengembangan 4D (Four- D) yang terdiiri atas 4 tahap utama yaitu define, design, develop, dan disseminate. Subjek pada penelitian ini adalah 3 Validator ahli dan 20 siswa Kelompok B TK Nasrani 3 Medan. Produk penelitian ini berupa produk software multimedia pembelajaran interaktif pada materi benda-benda langit untuk siswa kelompok B TK Nasrani 3 Medan. Hasil penelitian diperoleh bahwa (1) Tingkat kelayakan multimedia pembelajaran interaktif membaca permulaan berdasarkan: a) hasil validasi dari ahli materi terhadap terhadap kelayakan isi oleh ahli media pembelajaran sebesar 3,6, ahli materi pembelajaran sebesar 3.7,sedangkan ahli desain 3.5 di katergori dengan ?sangat layak?. b) hasil praktis dari guru menyatakan bahwa anak mendapat respond an tanggapan sangat baik.Hal ini dapat terjadi dikarenakan langkah-langkah dimuat pada multimedia pembelajaran memiliki petunjuk dan mudah dipahami oleh anak. 2) Hasil efektivitas multimedia pembelajaran interaktif yang dikembangkan menunjukkan hasil rata-rata membaca permulaan anak pada hasil observasi awal sebesar 45% yang berarti anak mulai berkembang dan hasil observasi akhir sebesar 83% yang berarti anak berkembang sangat baik. 
Institution Info

Universitas Negeri Medan