Institusion
Universitas Negeri Medan
Author
Rabiatul Adawiyah (STUDENT ID : 8156141024)
Murniaty Simorangkir (LECTURER ID : 0004055909)
Nurfajriani (LECTURER ID : 0002096703)
Subject
LB Theory and practice of education
Datestamp
2021-05-24 02:55:05
Abstract :
Penelitian ini bertujuan memperoleh media laboratorium virtual IPA terpadu SMP
kelas VIII yang layak digunakan sebagai upaya meningkatkan kemampuan berpikir
kritis dan hasil belajar siswa, menyelidiki korelasi kemampuan berpikir kritis
terhadap hasil belajar. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan
yang meliputi tahap (1) Analisis pendahuluan pelaksanaan pembelajaran IPA,
tahap (2) Pengembangan media Laboratorium virtual IPA terpadu menggunakan
macramedia flash, tahap (3) Validasi media laboratorium virtual IPA terpadu sesuai
dengan standar kelayakan BSNP dan media elektronik, tahap (4) Evaluasi yaitu uji
coba media laboratorium virtual IPA terpadu kepada siswa Kelas VIII SMP Negeri
2 Lubuk Pakam sebanyak 2 kelas yang berjumlah 32 siswa. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa: (1) kelayakan isi, bahasa dan penyajian media laboratorium
virtual IPA terpadu yang dikembangkan telah sesuai dengan kelayakan BSNP rata?rata 4,77 kategori sangat valid dan tidak perlu direvisi. (2) peningkatan hasil
belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan media laboratorium virtual IPA
terpadu lebih tinggi dari peningkatan hasil belajar siswa yang dibelajarkan
menggunakan video praktikum IPA (rata-rata N-gain 0,819 lebih besar dari 0,708).
(3) kemampuan berpikir kritis siswa yang dibelajarkan menggunakan media
laboratorium virtual IPA terpadu lebih tinggi dari kemampuan berpikir kritis siswa
yang dibelajarkan menggunakan video praktikum IPA (rata-rata 78,58 lebih besar
dari 69,82). (4) terdapat korelasi positif dan signifikan kemampuan berpikir kritis
dan hasil belajar siswa dengan koefisien korelasi sebesar 0,845 (kriteria korelasi
sangat tinggi) dan koefisien determinasi sebesar 71,40%.