DETAIL DOCUMENT
Pengembangan Bahan Ajar Materi Stoikiometri Terintegrasi Multimedia Easy Sketch untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Medan
Author
Herbert C.B Manalu (STUDENT ID : 8166142005)
Saronom Silaban (LECTURER ID : 0013118001)
Wesly Hutabarat (LECTURER ID : 9990000089)
Subject
LB Theory and practice of education 
Datestamp
2021-05-26 20:44:34 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah bahan ajar materi stoikiometri yang digunakan di sekolah telah memenuhi standar BSNP; bahan ajar stoikiometri terintegrasi multimedia easy sketch hasil pengembangan telah memenuhi standar BSNP; motivasi belajar siswa dengan pengembangan bahan ajar terintegrasi multimedia easy sketch lebih tinggi daripada motivasi belajar siswa dengan bahan ajar yang digunakan di sekolah pada pokok bahasan stoikiometri; hasil belajar siswa dengan pengembangan bahan ajar terintegrasi multimedia easy sketch lebih tinggi daripada hasil belajar siswa dengan bahan ajar yang digunakan di sekolah pada pokok bahasan stoikiometri; serta hubungan antara motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa yang diajarkan dengan bahan ajar terintegrasi multimedia easy sketch pada pokok bahasan stoikiometri. Jenis penelitian ini menggunakan metode Development Research yang menggunakan pengembangan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluations). Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Pangkatan sebanyak 2 kelas yang berjumlah 60 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) bahan ajar materi stoikiometri yang digunakan di sekolah telah memenuhi standar BSNP dengan persentase kelayakan bahan ajar materi stoikiometri yang digunakan di sekolah sebesar 86,5% dinyatakan kriteria layak dan tidak perlu revisi; 2) Bahan ajar stoikiometri terintegrasi multimedia easy sketch hasil pengembangan telah memenuhi standar BSNP. Hasil standarisasi pengembangan bahan ajar stoikiometri terintegrasi multimedia easy sketch berdasarkan BSNP yang dilakukan oleh validator ahli diperoleh rata-rata kelayakan sebesar 3,70 dengan kriteria layak dan tidak perlu revisi. Sedangkan, untuk nilai kelayakan media pembelajaran oleh ahli IT diperoleh rata-rata kelayakan sebesar 4,48 dengan kriteria sangat layak; 3) Motivasi belajar siswa dengan pengembangan bahan ajar terintegrasi multimedia easy sketch lebih tinggi daripada motivasi belajar siswa dengan bahan ajar yang digunakan di sekolah pada pokok bahasan stoikiometri. Hasil uji t, diperoleh ttabel < thitung (2,000 < 10,722) dengan nilai Sig.(2-tailed) = 0,000, sehingga disimpulkan Ha diterima; 4) hasil belajar siswa dengan menggunakan pengembangan bahan ajar terintegrasi multimedia easy sketch lebih tinggi daripada hasil belajar siswa dengan bahan ajar yang digunakan di sekolah (ttabel = 2,000 < thitung = 4,467); 5) terdapat hubungan yang signifikan (rhitung = 0,589 ? rtabel = 0,361) antara motivasi terhadap hasil belajar peserta didik yang diajarkan dengan bahan ajar stoikiometri menggunakan media pembelajaran easy sketch. 
Institution Info

Universitas Negeri Medan