DETAIL DOCUMENT
Pengembangan Bahan Ajar Fisika SMA Berbasis Budaya Batak
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Medan
Author
Syarief Sa’adillah Lubis (STUDENT ID : 8166175021)
Sahyar (LECTURER ID : 0026046004)
Derlina (LECTURER ID : 0021036405)
Subject
LB Theory and practice of education 
Datestamp
2021-06-02 20:05:23 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan validitas, kepraktisan dan keefektifan bahan ajar Fisika berbasis budaya Batak dan untuk menganalisis peningkatan hasil belajar siswa yang dalam implementasinya menggunakan model pembelajaran kooperatif berbasis budaya Batak. Penelitian ini merupakan Research and Development (R&D) dengan menggunakan model 4-D meliputi tahapan define, design, develop, dan disseminate. Bahan ajar Fisika yang dikembangkan berupa buku guru, buku siswa, tes hasil belajar. Aspek budaya Batak diintegrasikan ke dalam fase-fase model pembelajaran kooperatif. Kegiatan diskusi siswa dilakukan dengan pola interaksi budaya Batak yaitu Dalihan Natolu sebagai sistem sosial budaya Batak dalam menyelesaikan permasalahan yang diangkat dari ilustrasi budaya Batak. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA I SMA Negeri 1 Kotanopan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar fisika berbasis budaya Batak dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif telah memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif. Dan terdapat peningkatan hasil belajar siswa dengan kategori baik setelah menerapkan bahan ajar fisika SMA berbasis budaya Batak. 
Institution Info

Universitas Negeri Medan