Abstract :
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) Hasil belajar IPS siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan hasil belajar IPS siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran ekspositori, (2) Hasil belajar IPS siswa yang memiliki keterampilan sosial tinggi dan hasil belajar IPS siswa yang memiliki keterampilan sosial rendah, (3) Interaksi antara model pembelajaran dan keterampilan sosial terhadap hasil belajar IPS siswa di kelas VII MTs Aisyiyah Bandar Khalifah.
Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs Aisyiyah Bandar Khalifah dengan jumlah siswa 55 orang. Sampel penelitian ini ditetapkan kelas VII-1 = 30 orang untuk mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model Inkuiri Terbimbing dan kelas VII-2 = 25 orang untuk mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model ekspositori. Teknik penarikan sampel dilakukan dengan total sampling. Instrumen penelitian untuk mengukur hasil belajar digunakan tes bentuk pilihan ganda dan angket untuk keterampilan sosial siswa. Teknik analisis data menggunakan ANAVA dua jalur pada taraf signifikansi ? = 0,05.
Hasil penelitian menunjukkan : (1) Hasil belajar IPS siswa menggunakan model Inkuiri Terbimbing lebih tinggi menggunakan model Ekspositori. Hasil belajar IPS siswa menggunakan model Inkuiri Terbimbing dengan nilai rata-rata 91,67, sedangkan hasil belajar IPS siswa menggunakan model Ekspositori memperoleh nilai rata-rata 85,36, (2) Hasil belajar IPS siswa memiliki keterampilan sosial tinggi lebih tinggi dari hasil belajar siswa memiliki keterampilan sosial rendah. Siswa yang memiliki keterampilan sosial tinggi memperoleh nilai rata-rata hasil belajar IPS yaitu sebesar 90,93, sedangkan siswa yang memiliki keterampilan sosial rendah memperoleh nilai rata-rata adalah 86,42, (3) Terdapat interaksi model pembelajaran dan keterampilan sosial dalam mempengaruhi hasil belajar IPS siswa. Berdasarkan hasil uji ANAVA Faktorial 2x2 diperoleh nilai sig=0,002