DETAIL DOCUMENT
Reaksi Perempuan dalam Menonton Konten Beauty vlogger ( Studi Kasus Mahasiswi Prodi Pendidikan Antropologi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Medan
Author
Satrina Titania Siahaan (STUDENT ID : 3163122029)
Rosramadhana (LECTURER ID : 0026087803)
Subject
LB Theory and practice of education 
Datestamp
2021-06-28 07:18:42 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan berbagai reaksi mahasiswi dalam menonton konten beauty vlogger dan menganalisa perubahan perilaku mahasiswi setelah menonton konten beauty vlogger bagi mahasiswi Pendidikan Antropologi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan. Adapun yang menjadi informan dalam penelitian ini yaitu mahasiswi Prodi Pendidikan Antropologi stambuk 2016 yang dikategorikan sebagai pengikut konten beauty vlogger. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Adapun teknik penggumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara, serta dokumentasi mengenai reaksi mahasiswi dalam menonton konten beauty vlogger dan perubahan perilaku mahasiswi setelah menonton konten beauty vlogger.Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil dari penelitian ini dapat dijelaskan konten beauty vlogger merupakan konten mengenai kecantikan yang terdapat di sosial media youtube. Melalui konten beauty vlogger mahasiswi mendapatkan pengetahuan baru mengenai berbagai tutorial kecantikan dan mengekspresikan terhadap diri sendiri. Mahasiswi memiliki berbagai reaksi dalam menonton konten beauty vlogger antara lain menganggap konten beauty vlogger merupakan konten yang menghibur, melakukan peniruan terhadap tutorial kecantikan dan sampai kepada membeli produk kecantikan yang disarankan oleh beauty vlogger. Hal tersebut tentu mengakibatkan terjadinya perubahan perilaku terhadap mahasiswi yang menjadi lebih konsumtif sesudah mengikuti konten beauty vlogger. Mahasiswi menonton konten beauty vlogger untuk melihat trend dan mode kecantikan. Mahasiswi cenderung melakukan peniruan dengan membeli beragam produk kecantikan yang disarankan oleh beauty vlogger agar terlihat cantik sesuai dengan arahan beauty vlogger. berdasarkan hasil penelitian juga menunjukkan bahwa konten beauty vlogger mempengaruhi mahasiswi dalam membeli produk kecantikan secara berlebihan yang mendorong mahasiswi menjadi konsumtif. 
Institution Info

Universitas Negeri Medan