DETAIL DOCUMENT
EFEK MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA SMK
Total View This Week1
Institusion
Universitas Negeri Medan
Author
Syukriah (STUDENT ID : 8126176021)
Mara Bangun Harahap (LECTURER ID : 195603031984031003)
Nurdin Bukit (LECTURER ID : 196404181990031003)
Subject
LB1025 Teaching (Principles and Practice) 
Datestamp
2016-04-20 04:21:25 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan: untuk mengetahui perbedaan keterampilan proses sains siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran berbasis proyek dan model konvensional, dan untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran berbasis proyek dengan model konvensional. Sampel dalam penelitian ini dilakukan secara cluster random sampling sebanyak dua kelas, dimana kelas pertama sebagai kelas eksperimen diterapkan model pembelajaran berbasis proyek dan kelas kedua sebagai kelas kontrol diterapkan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu instrumen tes prestasi belajar fisika dalam bentuk pilihan ganda sebanyak 20 soal yang telah dinyatakan valid dan reliabel dan insrumen keterampilan proses sains bentuk lembar observasi dengan 8 indikator. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran berbasis proyek lebih baik dari hasil belajar pembelajaran konvensional. Keterampilan proses sains siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran berbasis proyek lebih baik dari keterampilan proses sains siswa pada pembelajaran konvensional. 

Institution Info

Universitas Negeri Medan