Abstract :
Permasalahan penelitian ini ialah masih ada 6 orang anak di RA Al-Fadilah yang mengalami kesulitan belajar membaca permulaan seperti kesulitan dalam mengenal huruf, meyebutkan kata, dan membaca gambar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan belajar membaca permulaan pada anak usia 5-6 tahun di RA Al-fadilah kab. Padang lawas T.A 2020/2021. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Objek penelitian ini adalah menganalisis kesulitan belajar membaca permulaan pada anak di RA Al-fadilah. Subjek penelitian ini adalah 6 (enam) orang anak dan 1 guru dikelas B6. Teknik pengumpulan data yang digunakan untuk memperoleh data yang dibutuhkan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan untuk memperoleh data yaitu pengumpulan data, reduksi data dan penarikan kesimpulan/ verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa membaca permulaan pada anak kelas B6 sudah mulai berkembang (Sudah Mampu) walaupun masih ada beberapa anak yang masih kesulitan dalam membaca permulaan seperti kesulitan mengenal huruf, menyebutkan kata, membaca gambar. Dari hasil observasi ataupun wawancara faktor penghambat yang mempengaruhi kesulitan membaca pada anak yaitu: (1) kurangnya respon anak, (2) lingkungan dan bahasa yang digunakan, (3) kurangnya dukungan dari keluarga, (4) kurangnya media guru dalam melakukan kegiatan membaca permulaan.