Institusion
Universitas Negeri Medan
Author
Dedek Sri Putri (STUDENT ID : 4171131008)
Destria Roza (LECTURER ID : 0017127104)
Subject
LB Theory and practice of education
Datestamp
2022-01-21 02:55:42
Abstract :
Penelitian ini bertujuan: (1) Bagaimana bahan ajar yang disusun pada materi redoks telah memenuhi kriteria kelayakan isi, kelayakan penyajian, kelayakan bahasa, dan kelayakan kegrafikan standar BSNP. (2) Bagaimana hasil belajar siswa menggunakan modul pembelajaran kimia lebih tinggi dari hasil belajar siswa menggunakan buku paket. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPA SMA Negeri 1 Deli Tua berjumlah 2 kelas. Sempel penelitian adalah sempel total yaitu kelas X MIA 1 sebagai kelas ekperimen 1 yang dibelajarkan dengan Modul Pembelajaran Berbasis Proyek dan kelas X MIA 2 sebagai kelas eksperimen 2 dibelajarkan menggunakan buku paket pegangan siswa di SMA Negeri 1 Deli Tua. Instrumen yang digunakan adalah angket kelayakan modul sesuai dengan standar BSNP, tes hasil belajar sebanyak 20 soal yang telah teruji valid. Penelitian ini menggunakan metode dan pengembangan media (R&D) dengan model ADDIE. Model ADDIE memiliki beberapa tahapan, yaitu analysis, design, develop, implementation, dan evaluation. Dimana hasil analisis kelayakan media mobile learning aspek kelayakan isi adalah 3,82; kelayakan bahasa adalah 3,83; kelayakan penyajian 3,81 dan kelayakan kegrafikan 3,77 artinya bahwa bahan ajar hasil dari uji coba sangat valid berdasarkan BSNP. Rata-rata persentase peningkatan hasil belajar siswa pada eksperimen 1 berupa 71% dan pada ekperimen 2 berjumlah 59%. Hasil uji t-pihak kanan menunjukkan bahwa thitung >ttabel (3,74 > 2,38). Dengan demikian kriteria pengujian hipotesis thitung > ttabel terpenuhi. Artinya Ho ditolak, Ha diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran kimia berbasis proyek yang dikembangkan lebih baik dalam meningkatkan hasil belajar kimia siswa pada materi redoks dibandingkan dengan bahan ajar dari buku pegangan siswa.